Mengenai Saya

Merupakan kumpulan orang-orang yang peduly terhadap keluarga indonesia terutama dari sisi Kesehatan, dimana kebahagiaan tidak akan tercapai pada raga yang sakit. untuk itu misi kami adalah membantu masyarakat dapat hidup dengan sehat dan bahagia

Kamis, 12 Februari 2009

Vaksinasi Kanker Leher Rahim

Vaksinasi Kanker Rahim (Cervical Cancer)

ngedengar Maia ahmad mao vaksinasi Kanker rahim temen kosan saya bilang : “Emang ada ya?!!Bo, mau eike..!!”
eit, tunggu dulu.. jangan sembarang maen mau ajah…. beneran Vaksinasi ini ada?? ada Efek sampingnya kah? dan seberapa jauh pengaruhnya bagi tubuh kita …
Kanker Rahim dan Faktanya !! nama lainnya cervical cancer. Setiap tahunnya sekitar 500.000 perempuan didiagnosa menderita kanker rahim dan lebih dari 250.000 meninggal dunia karena penyakit ini. Total 2,2 juta perempuan di dunia menderita kanker Rahim. Kanker Rahim cenderung muncul pada perempuan berusia 35-55 tahun, namun dapat pula muncul pada perempuan dengan usia yang lebih muda.Di Indonesia, diperkirakan setiap harinya terjadi 41 kasus baru kanker serviks dan 20 perempuan meningal dunia karena penyakit tersebut. penyakit ini cukup adil, kenapa adil? ya karena tidak dalam “peyerangannya’ tidak memandang kaya ataukah miskin, cantik atau tidak, gendut ataukah kurus si objek penderita. Tapi yang pasti si penderita ini (pastilah) memiliki rahim. dengan kata lain. wanita lah sasaran utamanya.
Tentang Vaksin!! Penghasil Vaksin ini pertama kali adalah Gardasil. Vaksin tersebut bekerja dengan mendorong sistem kekebalan tubuh manusia menyerang dua turunan virus papiloma manusia atau HPV(Human Papiloma Virus), yang menyebabkan 70 persen kasus kanker rahim. Uji coba yang dilakukan pada tahun 2005, oleh badan internasional menemukan bahwa vaksin ini 100 persen efektif dalam mencegah kanker stadium dini dan ketidak normalan akibat turunan virus yang muncul sebelum kanker terjadi. Salah satu keuntungan vaksin itu adalah bisa mengganti pemeriksaan rahim dan bisa diterapkan di negara-negara miskin yang tidak bisa membeli peralatan pemeriksaan rahim tersebut.
Vaksin yang masuk ke Indoensia adalah jenis vaksin Quadrivalent HPV, yang dapat memberikan kekebalan pada HPV tipe 6, 11, 16 dan 18. Walau saat ini diketahui ada 120 jenis HPV, hampir 90% kanker serviks disebabkan oleh empat tipe yang ter-cover oleh vaksin quadrivalen tersebut.Efek Samping?? vaksin ini aman dan tidak ada efek samping bila digunakan, pasalnya, vaksin ini juga telah dipakai di Singapura, Thailand dan Malaysia.
Kapan Sebaiknya Vaksinasi ini Diberikan ?? Doktor Eliav Barr, kepala pengembangan klinis Merck, mengatakan vaksin ini kemungkinan bekerja lebih efektif jika diberi kepada anak perempuan sebelum akil balik, kemungkinan saat berusia antara 10-13 tahun. “Ini adalah vaksin pencegahan, jadi sangat penting jika vaksin ini diberikan kepada kaum wanita sebelum terinfeksi. Rata-rata kaum wanita terinfeksi saat berusia antara belasan tahun dan awal dua puluhan. Waktu yang paling optimal untuk memberi vaksin ini adalah sebelum melakukan hubungan seksual pertama kali.”
Harga Vaksin ??? Harga vaksin untuk kanker rahim saat ini masih teramat mahal. Untuk sekali suntik, biayanya berkisar antara Rp900 ribu-Rp1 juta. Penyuntikan sendiri harus diulang pada bulan ke dua setelah suntikan pertama dan enam bulan kemudian. Jadi kisarannya, untuk tiga kali paket suntikan biayanya bisa mencapai Rp3,5 juta lebih. Ini belum termasuk ongkos dokter ongkos ankot dan ongkos ojek namun, diprediksikan dalam 3 hingga 4 tahun ke depan kemungkinan harga vaksin sudah lebih murah dan terjangkau (ngarep mode). Tapi, beberapa sekolah diadakan vaksinasi secara geratis. (mau dunk!!) cuma masa saya nyamar jadi anak smp??
Hadirnya vaksin ini setidakna dapat mengurangi ke”parno”an saya dan mungkin jutaan wanita diluar sana. Lebih baik mencegah dari pada mengobati, bukan? tapi kapan ya? harga vaksinnya turun?? Mao sehat ajah kok mahal!! [protes mode....]

Sumber Glitter Puri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar